4 Jenis Makanan yang Dapat Digunakan Sebagai Antibiotik Alami

  • Whatsapp

Silimedia.id – Tubuh manusia sangat rentan terkena serangan virus dan bakteri. Akibatnya, manusia sering terkena penyakit menular, infeksi atau bahkan penyakit lainnya yang lebih kronis. Untuk menghadapi penyakit seperti ini, manusia membutuhkan obat antibiotik, baik antibiotik alami maupun antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Pada dasarnya, orang akan suka menggunakan antibiotik yang diresepkan dokter karena dianggap lebih manjur dan mudah didapatkan. Namun, pendapat seperti ini sebenarnya sangatlah keliru. Antibiotik yang diresepkan dokter memang dapat mengobati penyakit dengan cepat. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku jika antibiotik diminum sesuai dengan dosis ag dianjurkan. Meminum obat antibiotik resep dokter yang tak sesuai dengan dosis justru akan membuat virus menjadi kebal dan susah dibunuh dengan obat kimia.

Read More

Selain itu, minum obat antibiotik juga tak bisa dilakukan terus menerus. Jika satu resep habis, maka harus menunggu 3 hari lagi untuk mulai mengkonsumsi antibiotik lagi. Lalu, apakah selama hari tubuh tak mendapat pengobatan antibiotik? Jawabnya iya, selama 3 hari tubuh biasanya hanya akan mendapatkan vitamin untuk menguatkan daya tubuh saja.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah 5 Manfaat Mentimun yang Baik Bagi Tubuh

Nah, berkaca dari masalah di atas, antibiotik alami nampaknya akan lebih aman dikonsumsi. Selain Anda bisa mengkonsumsi secara suka-suka, antibiotik alami juga mudah didapat dan juga murah. Dikatakan mudah didapat dan murah karena antibiotik alami dapat Anda dapatkan dengan mudah melalui bahan makanan di sekitar kita. Apa sajakah bahan makanan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Bawang merah

Antibiotik alami yang pertama adalah bawang merah. Bawang merah mampu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit akibat virus seperti flu dan batuk. Segala bentuk peradangan ternyata juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Mengkonsumsi bawang merah setiap hari juga mampu mengeluarkan lendir dari paru-paru serta melancarkan peredaran darah.

2. Bawang putih

Sebagai antibiotik alami, bawang putih mentah dapat digunakan sebagai param jerawat, mengobati nyeri akibat gigi berlubang serta mengobati peradangan. Selain itu, bawang putih juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Teh hijau

Manfaat teh hijau sebagai antibiotik tak pernah terduga sebelumnya. Teh hijau disebut sebagai antibiotik alami karena memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan virus, bakteri dan juga memperkuat sistem imun.

4. Madu

Antibiotik alami yang terakhir adalah madu. Madu mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri. Oleh karena itu, mengkonsumsi madu secara rutin dapat menyembuhkan berbagai macam peradangan karena bakteri. Selain itu, madu juga dapat dijadikan sebagai penambah stamina, peningkat daya tahan tubuh dan juga penangkal racun.

Baca Juga: Manfaat Cuka Bagi Kehidupan Sangat Menajubkan

Itulah tadi 4 jenis makanan yang dapat digunakan sebagai antibiotik alami. Daripada obat kimia, konsumsi makanan di atas lebih dianjurkan bagi anda yang membutuhkan antibiotik, terutama bagi Anda yang tak disiplin minum obat.

Related posts